My Widget

Kamis, 10 Desember 2015

Perangkat Pembelajaran

                                                PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUBAROKAH
KELAS I SEMESTER 1

Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran
Dosen Pengampu : Bp H. Ismail
Logo_uin_walisongo
Disusun Oleh:
Didik  Cahyono
1403036087

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
            2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                                 : MI Al MubarokahTungu
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : I / 1
Alokasi Waktu          : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)


A.           Standar Kompetensi
1.             Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

B.            Komepetensi Dasar
                        Menghafal enam Rukun Iman.

C.           Materi Pembelajaran
§    Enam rukun iman
§    Arti rukun iman

D.           Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Tanya jawab tentang Rukun Iman yang siswa ketahui
§    Diskusi

E.            Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Kegiatan
Waktu
1

Tujuan Pembelajaran :
§  Siswa dapat menjelaskan tentang rukun iman
§  Siswa dapat menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian rukun iman.

Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar rukun iman

Motivasi :
memberikan informasi tentang rukun iman

10  menit
2
Kegiatan inti :
§  Siswa membaca literatur tentang rukun iman (fase eksplorasi)
§  Bertanya jawab tentang rukun iman, (fase eksplorasi)
§  Siswa diminta berdiskusi :  menyebutkan rukun iman (fase elaborasi)
§  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang rukun iman
§  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit


F.        Sumber belajar dan media pembelajaran :

1.              Syair lagu
2.              Kartu rukun iman
3.              LKS
4.              Bendera
5.              TTS


G.        Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

§  Menyebutkan enam rukun iman
§  Mengurutkan enam rukun iman
§  Menghafal enam Rukun Iman
§  Menyebutkan cirri-ciri orang yang beriman
§  Menjelaskan rukun iman

Tes tulis

Tes lisan


Jawaban singkat

Jawaban singkat




Tungu,
                     Mengetahui                                                                                                                              Guru Kelas I
                     Kepala MI Al Mubarokah Tungu                                                                                           


............................                                                                                                                       ...............................



PROGRAM SEMESTER

Mapel Aqidah Akhlak Kls. I Smt. 1

MI Al Mubarokah Tungu

Kab. Grobogan

No

Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember


1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

 

Mengenal rukun iman, syahadat tauhid dan Rasul.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengenal Rasul dengan menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengenal Rasul melalui pengenalan terhadap kartu rukun iman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membiasakan bersikap, baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membiasakan berakhlak baik ketika berpakaian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Membiasakan tanya jawab tentang rukun iman. Ketika pelajaran sudah selesai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

CADANGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jam Efektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UTS + UAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cadangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

































Tungu,
                     Mengetahui                                                                                                                                   Guru Kelas I
                     Kepala MI Salafiyah

.........................                                                                                                                                  ..........................
                                                                                                                                                        







PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan       : MI Al MubarokahTungu
Mata Pelajaran               : AQIDAH-AKHLAK 
Kelas/smester                : I / I (Satu)

SMT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
Keterangan
Satu
1.      Memahami Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq).

1.1.              Siswa dapat menjelaskan tentang rukun iman.
1.2.               dapat menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman.
1.3.              dapat menjelaskan pengertian rukun iman.



-



-
2.      Selalu percaya adanya 6 rukun iman.
2.1.            siswa mampu menyebutkan 6 rukun iman.
2.2.            siswa dapat memahami tentang syahadat tauhid dan syahadat rasul.
2.3.             dapat menyebutkan satu persatu tentang rukun iman.



-



-
3.      Dapat memahami tentang rukun iman.

3.1      selalu mengucapkan syahadat tauhid dan syahadat Rasul. 


-

-





KALENDER PENDIDIKAN
MI Al Mubarokah Tungu Kab. Grobogan.
SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016











HARI
JULI 2015


Tanggal
Keterangan
Tanggal


1 s.d 5
Libur Kenaikan Kelas & PPD
AHAD

5
12
19
26



9 s.d 11
Pesantren Ramadhan 1436 H
SENIN

6
13
20
27



14
Hari Pertama Masuk
SELASA

7
14
21
28



12 s.d 16
Libur Ramadahan sebelum 1 Syawal
RABU
1
8
15
22
29



17 s.d 18
Hari Raya Idul Fitri 1436 H
KAMIS
2
9
16
23
30



20-25
Libur Setelah Hari Raya Idul Fitri 1435 H
JUM'AT
3
10
17
24
31



27
Permulaan Tahun Pelajaran 2015/2016
SABTU
4
11
18
25




27-29
Kegiatan Pengenalan Madrasah Bagi PDB











HARI
AGUSTUS 2015




Tanggal


17
Upacara Hari Kemerdekaan RI
AHAD

2
9
16
23
30




SENIN

3
10
17
24
31




SELASA

4
11
18
25





RABU

5
12
19
26





KAMIS

6
13
20
27





JUM'AT

7
14
21
28





SABTU
1
8
15
22
29
















HARI
SEPTEMBER 2015


24
Hari Raya Idul Adha 1436 H
Tanggal




AHAD

6
13
20
27





SENIN

7
14
21
28





SELASA
1
8
15
22
29





RABU
2
9
16
23
30





KAMIS
3
10
17
24






JUM'AT
4
11
18
25






SABTU
5
12
19
26

















HARI
OKTOBER 2015




Tanggal


1
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
AHAD

4
1
18
25



12-17
UTS Gasal
SENIN

5
12
19
26





SELASA

6
13
20
27



14
Libur Tahun Baru Hijriyah 1436 H
RABU

7
14
21
28



28
Upacara sumpah pemuda
KAMIS
1
8
15
22
29





JUM'AT
2
9
16
23
30





SABTU
3
10
17
24
31
















HARI
NOPEMBER 2015




Tanggal




AHAD
1
8
15
22
29



10
Upacara Hari Pahlawan
SENIN
2
9
16
23
30





SELASA
3
10
17
24






RABU
4
11
18
25






KAMIS
5
12
19
26






JUM'AT
6
13
20
27






SABTU
7
14
21
28

















HARI
DESEMBER 2015


7-12
UAS Gasal 2015/2016
Tanggal


14-18
Classmeeting Pengolahan Nilai dan pengisian Raport
AHAD

6
13
20
27



19
Penyerahan  Buku Raport  semester Gasal 2015/2016
SENIN

7
14
21
28



24
Maulid Nabi Muhammad SAW
SELASA
1
8
15
22
29



25
hari Raya Natal
RABU
2
9
16
23
30



21 - 31
Libur Semester Gasal
KAMIS
3
10
17
24
31





JUM'AT
4
11
18
25






SABTU
5
12
19
26

















HARI
JANUARI  2016


2
Lanjutan Libur Semester Gasal
Tanggal


1
Libur Tahun Baru Masehi
AHAD

3
10
17
24
31


3
Upacara HAB Kemenag
SENIN

4
11
18
25





SELASA

5
12
19
26





RABU

6
13
20
27





KAMIS

7
14
21
28





JUM'AT
1
8
15
22
29





SABTU
2
9
16
23
30















Tungu, 01 Juli   2015










Kepala MI  Al Mubarokah Tungu. Kab. Grobogan

...............................................................
















































































































































SILABUS


Nama Madrasah       : MI Al Mubarokah
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester        : I (Satu)/ 1

1.             Standar Kompetensi  : 1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq).


 Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7

1.1 Meyakini kebenaran rukun iman.

Menghayati rukun iman.
Penghayatan kebenaran rukun iman.
Penanaman nilai-nilai keimanan

- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian Sejawat
- Jurnal/Catatan

-
-

2.1 Membiasakan berperilaku positif yang merefleksikan orang yang beriman..

Membiasakan berperilaku positif yang merefleksikan orang yang beriman.
Pembiasaan perilaku positif sebagai refleksi dari iman yang kokoh
Membimbing pembiasaan berperilaku positif sebagai refleksi dari keimanan

- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian Sejawat
- Jurnal/Catatan

-
-

3.1. Mengenal enam rukun iman.

4.1.  Menunjukkan
contoh prilaku beriman kepada enam rukun Iman


3.1.1 Menjelaskan  arti iman
3.1.2 Menyebutkan jumlah rukun iman

3.1.3 Menyebutkan sebutan orang yang beriman kepada rukun iman
3.1.4 Menghafalkan enam rukun iman

4.1.1 Menulis enam rukun iman
4.1.2 Memaparkan perilaku orang beriman kepada enam rukun iman

Rukun Iman
Mengamati:
Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut .

Menanya:
- Siswa membuat pertanyaan tentang gambar tersebut.
- Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi:
- Siswa menggali bahan dari sumber belajar yang ada
- Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang rukun iman
- Dalam diskusi siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui di internal kelompoknya.

Mengasosiasi:
Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Mengkomunikasikan:
Siswa menyampaikan kembali mengenai kesimpulan yang telah dipelajari.
Tugas:
Menghafalkan 6 rukun iman
Observasi: mengawasi siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah di susun.

Tes tulis:
Tes kemampuan kognitif , dengan menjawab soal pilihan ganda.

Tes lisan:
Hafalan rukun iman.
2 TM
(4 x 35 Menit)

- Al-Qur’an terjamahan Kemenag RI dan Al Hadis




- Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014

- Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014

- Buku penunjang lainnya yang relevan

- Media cetak dan elektronik yang sesuai materi

- Lingkungan sekitar yang mendukung


1.3 Meyakini Allah SWT.Yang Esa(al-Ahad) dan maha Pencipta(al-Kholiq).


Membiasakan meyakini Allah SWT.Yang Esa(al-Ahad) dan maha Pencipta (al-Kholiq).-


Keyakinan bahwa Allah SWT Yang Esa (al-Ahad) dan maha Pencipta(al-Kholiq).-


Menanamkan keyakinan terhadap Allah SWT Yang Esa (al-Ahad) dan maha Pencipta(al-Kholiq).-




-



-



-

2.3 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asma al-husna ( dan al-Kholiq


Menunjukkan sikap positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmaal-husna(al-Ahad dan al-Khwliq)


Penanaman perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-


Membimbing pembiasaan berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmaal-husna(al-Ahad dan al-Khwliq)



- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian Sejawat
- Jurnal/Catatan





-




-

-

-
Asmaal-husna(al-Ahad dan al-Khwliq


-

-

-

-

3.3 Mengenal sifat-sifat Allah SWTyang terkandung dalam al-Asmaa al-Husnaa (al-Ahad dan al-Khaaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya.

4.3 Melafalkan sifat-sifat Allah SWT al-Ahad dan al-Khaaliq dan artinya.


1.3.1 Menyebutkan lafaldz al-Asma al-husna
1.3.2 Menyebutkan lafadz al Asma al Husna al Ahad dan al Khaliq dengan benar
1.3.3 Menjelaskan arti al Asma’ul Husna al Ahad dan al Khaliq
1.3.4 Menulis Al-asma al-husna al-Ahad dan al-Khaliq.
1.3.5 Mengidentifikasi kisah Nabi Ibrahim AS dalam mencari tuhan

3.4.1 Melafadzkan al Asmaul Husna al-Ahad dan al-Khaaliq beserta artinya
3.4.2 Menceritakan kisah tentang Nabi Ibrahim mencari tuhan


Asmaul Husna (al Ahad dan al Khaliq


Mengamati:
- Siswa mengamati gambar dengan meteliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
- Guru mengajak siswa keluar kelas untuk melihat pemandangan alam yang indah dan mengamati sekitarnya, termasuk langit dan gunung.

Menanya:
- Siswa membuat pertanyaan tentang gambar dan suasana sekitar.
- Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (al-Ahad dan al-Khaaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya.

Mengekplorasi:
- Guru menceritakan tentang kisah perjalanan Nabi Ibrahim as dalam mencari tuhan.
- Siswa mencari bukti-bukti bahwa Allah bersifat al Ahad dan al Khaliq

Mengasosiasi:
- Membuat kesimpulan dari sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalam al-Asmaa al-Husnaa (al-


Tugas:
Menghafalkan asmaul husna beserta artinya
Observasi:
Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah tersedia
Tes tulis:
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan:
Hafalan asmaul husna beserta artinya.

2 TM
(4 x 35 Menit)


- Al-Qur’an terjamahan Kemenag RI dan Al-Hadits

- Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014

- Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014

- Buku penunjang lainnya yang relevan

- Media cetak dan




3.4.3 Menjelaskan kerugian hidup kotor

3.4.4 Menyajikan kerugian hidup kotor

3.4.5 Memaparkan pengalaman tentang akibat menjalani hidup kotor

3.4.6 Memaparkan cara menghindari hidup kotor



Mengekplorasi:
- Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang akhlak tercela hidupkotor.
- Berdiskusi tentang kerugian kebiasaan hidupkotordalamkehidupansehari-hari.
- Berdiskusi tentang keuntungan menghindari akhlak tercela tersebut.

Mengasosiasi:
- Membuat kesimpulan dari materi akhlak tercela hidupkotordalamkehidupansehari-hari yang telah dipelajari.

Mengkomunikasikan:
- Menyampaikan kembali isi kesimpulan tantang materi akhlak tercela hidupkotordalamkehidupansehari-hari yang telah dipelajari pada bab ini.


Tugas:
- Mempraktikkan tata cara berpakaian yang bersih dan rapi



- Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014

- Buku penunjang lainnya yang relevan

- Media cetak dan elektronik yang sesuai materi

- Lingkungan sekitar yang mendukung












ANALISIS MATERI PELAJARAN

           
            Satuan Pendidikan    : MI Al Mubarokah Tungu
            Mata Pelajaran          : Akidah Akhlaq
            Kelas / Semester        : I / I  (Satu)
            Tahun Pelajaran       : 2014/ 2015
           

Smt

SK/KD

Materi yang diajarkan

Keterangan
I
1.      Memahami Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq).
2.      Memahami adanya rukun iman.
3.      Membiasakan berperilaku positif yang merefleksikan orang yang beriman.
4.      Meyakini kebenaran rukun iman.
5.      Menunjukkan contoh prilaku beriman kepada enam rukun Iman.




§    Al-Qur’an terjamahan Kemenag RI dan Al Hadis.
§    Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak, MI, Kelas 1.
§    Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak.

§    Media cetak dan elektronik yang sesuai materi.

-

-

-

-

-

-

-





ANALISIS PROGRAM PENGAJARAN

           
            Satuan Pendidikan    :  MI Al Mubarokah
            Mata Pelajaran          :  Aqidah Akhlaq
            Kelas                           :  I  (satu)
            Tahun Ajaran           :  2014/2015



SMT

BULAN

BANYAKNYA MINGGU

MINGGU EFEKTIF

MINGGU TIDAK EFEKTIF

BANYAK JAM PELAJARAN



I
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember





Jumlah

Banyaknya jam menurut silabus

           


Mengetauhi                                                                                                                              Tungu,  01 juli 2015
                       
                        Kepala MI Al Mubarokah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran
                       

............................................                                                                                                                   ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar