Didik cahyono
1403036087
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas/Semester : IV/I
Materi pokok : Kepribadian
Nabi Muhammad Saw
Alokasi Waktu : 35 menit
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan
menghayati ajaran agama Islam.
KI-2 Memiliki
akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri,
sesama dan lingkungannya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang Al-Qur’an Hadits,
Fikih, akidah akhlak dan sejarah kebudayaan terkait dengan pengembangan dari
materi yang dipelajari.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dari
pengembangan materi yang di pelajari.
B. Kompetensi Dasar
1.
Mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah) dan Nabi
yang Agung.
C. Indikator
1.
Menyakini Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah) dan Nabi
yang Agung.
2.
Menjelaskan kepribadian Nabi Muhammad SAW.
3.
menyebutkan sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW.
4.
mengambil ibrah dari Mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah
hasanah) dan Nabi yang Agung.
D. Tujuan
1.
Siswa mampu menyakini Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah)
dan Nabi yang Agung.
2.
Siswa mampu menjelaskan kepribadian Nabi Muhammad SAW
3.
Siswa mampu menyebutkan sifat-sifat
mulia Nabi Muhammad SAW
4.
mengambil ibrah dari Mencintai Nabi
Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah) dan Nabi yang Agung
E. Materi Ajar
a) Kepribadian Nabi Muhammad SAW
Nabi
Muhammad diutus kedunia bukan hanya untuk memimpin orang Quraisy dan bangsa
Arab saja, akan tetapi untuk memimpin seluruh umat manusia di seluruh dunia. Keberhasilan beliau antara lain
memiliki sifat-sifat yang mulia dan kepribadian yang sangat tepat untuk
dicontoh atau di teladani.
b) Sifat-sifat Rasulullah SAW
Sifat-sifat mulia yang dimiliki nabi Muhammad SAW adalah:
F. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan : Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperiment, mengasosiasi,
dan mengkomunikasikan)
Metode : Ceramah, penugasan dan Tanya jawab
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
o Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama di pimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
o Memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa posisi tempat duduk dan
kebersihan kelas.
o Siswa menyiapkan buku
pelajaran dan media pembelajaran melalui tayangan slide (media LCD proyector).
o Menyampaiakn materi minggu
lalu dan mengaitkannya dengan sekarang.
o Guru memotivasi siswa dengan
bersalawat kepada Nabi Muhammad.
o Guru menyampaiakan judul
materi pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
o Mengamati.
o Siswa diajak melihat slide
yang berisi gambar tentang orang-orang yang mulia.
o Menanya.
o Guru menanyakan tentang
gambar yang telah diperlihatkan kepada siswa.
o Mengeksperimen/mengeksplorasi.
o Guru menjelaskan tentang
mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai teladan.
o Guru menjelaskan kepribadian
Nabi Muhammad SAW.
o Guru menjelaskan tentang
sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.
o Mengasosiasi.
o Guru menghubungkan antara
gambar diawal dan kepribadian serta sifat Nabi Muhammad
|
20 menit
|
3
|
Penutup
o Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang belum
dipahami siswa.
o Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kebiasaan yang telah
dilaksanakan.
o Siswa membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru
o Guru memberi penguatan
tentang materi yang diajarkan
o Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o Guru menutup pembelajaran
dengan membaca hamdallah.
o Guru meninggalkan kelas
dengan mengucap salam dan siswa menjawab salam.
|
5 menit
|
H. Sumber Dan Bahan Ajar
a.
Buku SKI kelas IV semester I
b.
Media : LCD projector
I.
Penilaian
a.
Sikap spiritual (observasi)
a)
Jenis penilaian :
non tes
b)
Teknik penilaian : penilaian diri
c)
Bentuk instrument : lembar penilaian diri
Mengetahui
Kepala Sekolah
------------------------
|
------------------------
Guru Mata Pelajaran SKI
Didik
Cahyono
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar