My Widget

Kamis, 07 Januari 2016

UAS aplikom



JAWABAN :
1.      SOAL A
Fungsi Left, Mid, dan Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri, tengah, dan kanan.
Fungi Left
Fungsi Left adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri.
Rumus umum fungsi Left adalah sebagai berikut :
=Left(text;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :
Kemudian fungsi Left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string. Rumus/ formula dasar dari fungsi left adalah …..
LEFT(String, X) // = LEFT(alamat sel, X) atau
LEFT(String; X) // = LEFT(alamat sel; X)
Keterangan :
String : kalimat/string, atau sel yang akan diambil karakternya
X : Jumlah karakter yang diambil.
Misal :
=LEFT(“yogyakarta”,5) – Enter – hasilnya : yogya
=LEFT(“teknologi”,4) – Enter – hasilnya : tekn
Bagaimana jika menggunakan tabel di Excel seperti gambar di bawah ini
Gambar



Fungsi Mid
Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter di tengah string/ alamat sel. Rumus/formula dasar dari fungsi MID adalah …..
MID(string,x1,x2) // =MID(Alamat sel,x1,x2) atau
MID(string;x1;x2) // =MID(Alamat sel;x1;x2)
Keterangan
String : kalimat/string, atau sel yang akan diambil karakternya
x1 : string diambil dimulai dari karakter ke x1
x2 : banyaknya karakter yang diambil dari kiri
Misal :
=MID(“yogyakarta”;5;4) – Enter – hasil : akar
Ilustrasinya seperti pada gambar berikut
Bagaimana jika digunakan di Excel seperti gambar berikut :
Mid juga berfgungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari tengah.
Rumus umum fungsi Mid adalah sebagai berikut :
=Mid(text;start_num;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, star_num adalah karakter diambil dimulai dari karakter berapa dari kiri, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
contoh:
oNe''CN''loVe2263







Fungsi Right
Fungsi Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel yang ada disebelah kanan.
Rumus umum fungsi Right adalah sebagai berikut :
=Right(text;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :
Fungsi RIGHT juga dapat digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. Rumus/ formula dasar dari fungsi RIGHTadalah …..
RIGHT (String, X) // = RIGHT (alamat sel, X) atau
RIGHT (String; X) // = RIGHT (alamat sel; X)
Keterangan :
String : kalimat/string, atau sel yang akan diambil karakternya
X : Jumlah karakter yang diambil dari kanan.
Misal :
= RIGHT (“yogyakarta”,5) – Enter – hasilnya : karta
= RIGHT (“teknologi”,4) – Enter – hasilnya  : logi
Bagaimana jika menggunakan tabel di Excel seperti gambar di bawah ini
Contoh Kasus : Buatlah tabel seperti gambar berikut
oNe''CN''loVe2264







2.      SOAL B

Fungsi Rumus UPPER. Rumus UPPER digunakan untuk mengubah (mengkonversi) teks menjadi huruf besar (uppercase). Penulisan (syntax) rumus UPPER adalah: =UPPER (teks) Contoh Penggunaan +Rumus Excel UPPER:
Penyelesaian :
1.      Pada Cell B2 masukkan rumus =UPPER(A2) hasilnya BELAJAR dari teks Belajar
2.      Pada Cell B3 masukkan rumus =UPPER(A3) hasilnya RUMUS dari teks RuMuS
3.      Pada Cell B4 masukkan rumus =UPPER(A4) hasilnya EXCEL dari teks eXcel
4.      Pada Cell B5 masukkan rumus =UPPER(A5) hasilnya ITU dari teks Itu
5.      Pada Cell B6 masukkan rumus =UPPER(A6) hasilnya MUDAH dari teks mUdAH
 Fungsi Rumus LOWER. Rumus LOWER digunakan untuk mengubah (mengkonversi) teks menjadi huruf kecil (lowercase). Penulisan (syntax) rumus LOWER adalah: =LOWER (teks) Contoh Penggunaan Rumus Excel LOWER:
Penyelesaian :
1.      Pada Cell B2 masukkan rumus =LOWER(A2) hasilnya belajar dari teks Belajar
2.      Pada Cell B3 masukkan rumus =LOWER(A3) hasilnya rumus dari teks RuMuS
3.      Pada Cell B4 masukkan rumus =LOWER(A4) hasilnya excel dari teks eXcel
4.      Pada Cell B5 masukkan rumus =LOWER(A5) hasilnya itu dari teks Itu
5.      Pada Cell B6 masukkan rumus =LOWER(A6) hasilnya mudah dari teks mUdAH


Fungsi Rumus PROPER. Rumus PROPER digunakan untuk mengubah teks menjadi berawalan huruf besar. Penulisan (syntax) rumus PROPER adalah: =PROPER (teks) Contoh Penggunaan Rumus PROPER:
Penyelesaian :
1.      Rumus Pada Cell B2 =PROPER(A2) hasilnya Rumus Excel dari teks rumus excel
2.      Rumus Pada Cell B3 =PROPER(A3) hasilnya Rumus Excel dari teks RUMUS EXCEL
3.      Rumus Pada Cell B4 =PROPER(A4) hasilnya Rumus Excel dari teks RuMus eXcel
4.      Rumus Pada Cell B5 =PROPER(A5) hasilnya Rumus Excel dari teks rUmUs excEL
5.      Rumus Pada Cell B6 =PROPER(A6) hasilnya Rumus Excel dari teks rumus EXCEL


1.   SOAL C
 COUNT
RUMUS : =COUNT(RANGE)
Adalah Rumus untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisa juga huruf atau simbol dalam sebuah barisan cell.
Misalnya anda ingin menghitung berapa jumlah data dari table dibawah ini.
ika
Formulanya: =COUNT(D3:D6)
lalu ENTER. Anda akan mendapatkan jumlah dari datanya adalah 4
ika1





COUNTIF
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya. Penulisan Syntax fungsi COUNTIF: =COUNTIF(range; criteria) Penjelasan: range : merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai rentang pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait. criteria: merupakan kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks. Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIF di Excel:
Pada contoh gambar di atas, kita akan menghitung berapa banyak siswa yang Lulus untuk itu penulisan rumusnya adalah =COUNTIF(E3:E7;"Lulus") hasilnya adalah 3, karena hanya ada 3 siswa yang lulus. Penulisan data pada kriteria COUNTIF sifatnya tidak case sensitive atau bisa menggunakan huruf kecil maupun huruf besar (kapital), misal kata Lulus bisa juga di tulis lulus, LULUS, LuLus dan sebagainya.


COUNTIFS
Fungsi COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi beberapa kriteria. Penulisan Syntax Fungsi COUNTIFS: =COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2]; [criteria2] ...) Penjelasan: criteria_range1 : merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai range pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait. criteria1 : merupakan kriteria pertama, bisa berupa angka, ekspresi, referensi sel atau teks. criteria_range2 dan criteria2 : merupakan range dan kriteria tambahan yang sifatnya opsional. Range atau kriteria tambahan maksimal sampai 127 range atau kriteria. Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIFS di Excel:
Pada contoh gambar di atas, kita akan menghitung jumlah siswa laki-laki yang lulus, maka penulisan rumusnya adalah =COUNTIFS(D3:D7;"L";E3:E7;"Lulus") hasilnya 1 karena hanya ada satu siswa laki-laki yang lulus. Untuk menghitung jumlah siswa perempuan yang lulus bisa menggunakan rumus =COUNTIFS(D3:D7;"P";E3:E7;"Lulus") hasilnya 2 karena ada 2 siswa perempuan yang lulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar