My Widget

Kamis, 07 Januari 2016

laporan observasi TK Dharmawanita 1 Putatnganten




KATA PENGANTAR

                      Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat melaksanakan observasi dan penulisan laporan          hasil observasi tepat pada waktunya. laporan ini merupakan hasil pengamatan penulis            langsung di TK Darmawanita di Desa Putatnganten, Kecamatan Karangrayung,          Kabupaten Grobogan.
Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:
1.      Ibu Eny Setiawati, S.Pd selaku kepala Tk Darmawanita 1 putatnganten yang telah memberikan ijin untuk observasi.
2.      Ibu Zubaidah, A.Md selaku guru TK Dharma Wanitayang sudah membantu dalam penyusunan laporan ini.
3.      Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

       Dalam penyusunan lapoan ini penulis berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan lapang hati penulis mengharap kritik dan saran yang membangun untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan penulis.
Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih atas kritik dan saran yang diberikan kepada penulis. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.


Karangrayung,                           2015
Peneliti,


Didik Cahyono



VISI DAN MISI
 TK DARMAWANITA 1 PUTATNGANTEN
KARANGRAYUNG

VISI:
  Mewujudkan Anak Yang Sehat Jasmani Dan Rohani, Cerdas, Kreatif, Berbudi Pekerti Luhur Dan Memiliki Sikap Sosial.

MISI:
1.         Meningkatkan kecerdasan anak melalui sistem pembelajaran aktif dan menyenangkan.
2.         Mewujudkan anak yang terampil, sehat melalui pembelajaran aktif dan menyenangkan melalui pembelajaran fisik motorik.
3.         Mewujudkan anak yang berbudi pekerti luhur, melalui pembiasaan sehari-hari dengan rasa sosial yang tinggi.

TUJUAN
1.         Mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak didik baik fisik maupun psikis.
2.         Melandasi perkembangan anak didik dengan moral dan nilai-nilai agama, sosial dan kemandirian sehingga menjadi manusia yang cerdas, matang, kreatif, beriman dan berilmu.
3.         Menyiapkan anak didik untuk memasuki pendidikan dasar dengan memaksimalkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.


BAB I
PENDAHULUAN

A.            LATAR BELAKANG OBSERVASI
               Taman kanak-kanak Darma Wanita 1 Putatnganten Karangrayung merupakan lembaga pendidikan  anak usia dini pada jalur pendidikan formal, yang berdiri sejak tanggal 26 januari 1999 yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan tanggung jawab antar TK, keluarga, masyarakat terhadap peserta didik dan menciptakan masadepan agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, cakap, trampil, mandiri dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut. Taman kanak-kanak Darma Wanita 1 Putatnganten merupakan salah satu taman kanak- kanak yang ada di desa Putatnganten Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan dengan menu pembelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kopetensi dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bermain sambil belajar.
                                               
B.     TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
1.                                                          Untuk mengetauhi keadaan fisik di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
2.                                                          Untuk mengetauhi operasional kegiatan di Tk Darmawanita 1 Putatnganten.
3.                                                          Untuk mengetauhi kegiatan pembelajaran di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
4.                                                          Untuk mengetauhi Permainan yang ada di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
5.                                                          Untuk mengetauhi struktur organisasi di Tk Darmawanita 1 putatnganten.
6.    Untuk mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Darmawanita 1 putatnganten.
7.    Untuk mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Darmawanita 1 putatnganten.
8.    Untuk mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Darmawanita 1 putatnganten.

C.            METODE OBSERVASI
                 Untuk memperoleh data dan informasi yang tepat dalam observasi penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut.
1.                  Metode wawancara yaitu mengumpulkan data yang dilakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
2.                  Metode pengamatan yaitu dengan mengumpulkan beberapa deta yang dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang sudah menjadi objek.

D.    SISTEMATIKA LAPORAN
Laporan ini disusun dalam beberapa acuan yang diuraikan dan dijelaskan dalam bentuk-bentuk bab-bab diantaranya yaitu:
BAB I      :  Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang, tujuan observasi, metode penulisan dan sistematika laporan, serta lembar pengesahan laporan.
BAB II    : Hasil observasi
Berisi tentang administrasi, kegiatan-kegiatan, hubungan sekolahorangtua dan masyarakat .
BAB III   : Kesimpulan dan saran
Berisi kesimpulan hasil dari observasi dan hasil analisisnya serta yang memuat saran yang diajukan untuk Tk Darmawanita 1 Putatnganten.
BAB IV   : Penutup
Berisi penutup dari penulis setelah menyusun laporan ini.


















BAB II
HASIL OBSERVASI

A.           Profil TK Dharma Wanita 1 Putatnganten
                  TK Dharmawanita 1 Putatnganten telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sejak berdiri hingga saat ini dengan baik. TK Dharma Wanita 1 Putatnganten yang erlokasi di desa putatnganten kecamatan karangrayung di sekitarnya masih banyak anak-anak yang berusia 4-5 tahun yang membutuhkan tempat untuk melakukan kegiatan belajar dan bermain bersama-sama sehingga keberadaan TK Dharma Wanita 1 Putatnganten masih sangat di butuhkan.
Selama proses pembelajaran di sekolah banyak sarana prasarana dan alat permainan mengalami kerusakan dan kurang terpelihara dengan baik sehingga dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar. 
B.            Keadaan  TK Darmawanita 1 Putatnganten
                  Keadaan TK Darma Wanita 1 Putatnganten sudah cukup baik sebagai tempat belajar. Dengan bangunan gedung milik sendiri, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak-anak. Suasanya kondusif dalam artian baik dan mendukung sebagai belajar yang tenang dan aman. Tetapi sarana untuk bermain mengalami kerusakan dikarenakan kurang terpelihara dengan kurang baik.
C.           Penerimaan Dana dan Penggunaan Dana
Untuk lebih menunjang dalam kegiatan belajar mengajar TK Dharma Wanita 1 Putatnganten telah menerima bantuan dana oprasianal penyelenggaraan pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD) tahun anggaran 2015.
Dana bantuan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang diperoleh dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang menunjang proses pembelajaran di sekolah salah satunya pemberian makanan tambahan bagi anak-anak didik agar mereka lebih baik dalam memperoleh makanan yang mengandung tambahan gizi dan makanan sehat lainnya, selain itu adalah pengadaan alat-alat belajar anak, buku acuan guru dan buku cerita untuk menambah referensi kegiatan pembelajaran bagi anak.

D.           Pengelolaan dan Sasaran
Dana operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelola oleh tenaga pendidikan di lembaga tersebut dibantu oleh pengurus serta wali murid TK Dharma Wanita 1 Putatnganten sesuai dengan program PAUD dana tersebut diberikan kepada anak dari keluarga kurang yang mampu agar pendidikan lebih dapat bermutu sehingga menambah pengetauhan dan ketrampilan bagi anak-anak serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun.

E.            Kondisi Pembelajaran Setelah Adanya Dukungan Dana BOP
Dengan adanya bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang diterima di TK Dharma Wanita 1 Putatnganten tahun 2015 maka anak-anak peserta didik lebih merasakan manfaat yang baik didalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dalam kegiatan belajar dan bagi pengelola kegiatan dan diberikannya bantuan tersebut dapat lebih meringankan beban anggaran untuk melaksanakan berbagai macam dalam kegiatan sehingga diharapkan agar bantuan tersebut dapat berkelanjutan karena sangat dibutuhkan dalam membantu kegiatan belajar mengajar di TK Dharma Wanita 1 Putatnganten 
Bagi walimurid dengan adanya bantuan tersebut akan lebih meringankan beban pembiayaan karna kegiatan yang dilaksanakan dapat dilakukan untuk berbagai macam program baik dari penanggung jawab kegiatan, pengelola kegiatan maupun untuk anak-anak, sehingga masyarakat secara umum juga dapat mengetauhi manfaat diberikannya bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan PAUD. (Laporan BOP TK Dharmawanita 1 Putatnganten).


F.            Struktur Kurikulum TK Dharmawanita 1 Putatnganten
Ruang lingkup kurikulum TK Dharmawanita 1 Putatnganten berdasarkan peraturan mentri pendidikan Nasional No.58 Tahun 2009 tentang standar Nasional pendidikan anak usia dini meliputi aspek perkembangan berikut dan pengembangannya. (data kurikulum taman kanak-kanak TK dharmawanita 1 putatnganten).
1.                                  Nilai –nilai agama dan moral
2.                                  Fisik
a.       Motorik kasar
b.      Motorik halus
c.       Kesehatan fisik
3.                                  Kognitif:
a.         Pengetauhan umum dan sains
b.        Konsep bentuk warna, ukuran dan pola
c.         Konsep bilangan, lambang bilangan, dan huruf
4.                                  Bahasa
a.         Menerima bahasa
b.        Mengungkapkan bahasa
c.         keaksaraan
5.                                  Sosial emosional
6.                                  Mulok:
a.         Bahasa jawa
7.                                  Pengembangan diri:
a.         Menari
b.        Melukis
Berdasarkan ketentuan tersebut diatas, struktur kurikulum TK Dharmawanita 1 Putatnganten kecamatan karangrayung adalah sebagai berikut:

No

Komponen
Alokasi waktu
Kelas
A
B
1
Nilai- nilai agama dan moral
3
3
2
Fisik
8
8
3
Kognitif
8
8
4
Bahasa
9
9
5
Sosial emosional
3
3
6
Mulok



a.       Bahasa jawa
1
1
7
Pengembangan diri



a.       Menari
1
1

b.      Melukis
1
1
Jumlah
35
35

G.           OPERASIONAL KEGIATAN TK
1.      Kegiatan anak
Berdasarkan observasi saya, untuk siswa TK masuk pada jam 07.00. Anak-anak datang sebelum jam masuk dengan atau tanpa diantar oleh kluarganya.
Anak mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor, sebagian ada yang membeli makanan ringan pada penjual yang ada di halaman sekolah.
2.      Jumlah guru yang ada di TK Dharmawanita 1 Putatnganten ada 2 orang. Para guru datang dan anak- anak sudah menunggu di depan pintu. Guru membersihkan dan menata ruang kelas kemudian baru mulai pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru meraikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas .
3.      Kegiata orang tua atau pendamping
Sebagian siswa datang tanpa diantar orangtua mereka, karna umumnya jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak yang diantar dan di jemput orang tuanya setiap hari. Pada waktu istirahat, para orang tua siawa ada yang menyuapi anaknya, ada yang mengobroldengan wali muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol dengan guru pengajar.

H.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan observasi yang saya lakukan pada hari sabtu, 5 Desember 2015 dan hari  kamis tanggal 10 Desember 2015, kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita 2 Putatnganten:
Hari/ Tanggal

No

Jam

Kegiatan

Ket

1
2
3

4
07.00-07.30
07.30-08.30
08.30-09.00

09.00-09.30
Pembukaan
Kegiatan inti
Istirshat, bermain, makan, dan minum
Penutup
Kelompok   B
07.00-09.00

a)                         Kegiatan awal 30 menit yang dilakukan di teras TK pukul 07.00-07.30
1.     Baris
2.     Berdoa
3.     Menyanyi bersama
b)                        Kegiatan inti 60 menit yang dilakukan di ruang kelas
30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
1.      Menghafal rukun islam
2.      Menyanyi lagu anak (balonku ada lima,dan lain sebagainya)
3.      Menghafal 4 sehat 5 sempurna
4.      Menghafal nama Nabi dan Rasul
30 menit ke dua (pukul 08.00-08.30)
1.      Belajar menulis
2.      Melengkapi huruf
3.      Mewarnai gambar
4.      Belajar berhitung
c)             Istirahat 30 menit (pukul 08.30-09.30
Anak-anak yang sudah selesai dalam mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30 menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan dan memakan bekal mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka.
d)            Penutup 30 menit (pukul 09.00-09.30)
anak-anak masuk kelas lalu berkemas-kemas untuk kegiatan penutupan, sebelum penutupan anak-anak diajak bernyanyi bersama-sama sambil bertepuk tangan.
Berdasarkan pengamatan dari saya, strategi yang digunakan oleh guru TK DharmaWanita 1 Putatnganten adalah Strategi domontrasi, strategi bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi penugasan.
Kegiatan lainya adalah pengadaan alat-alat DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak), kelengkapan obat-obatan serta kunjungan petugas kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan anak. Bagi pendidik juga dapat memenuhi kelengkapan buku-buku administrasi di sekolah.
I.              Alat  Permainan TK Dharma Wanita 1 Putatnganten
1.      Alat Permainan Indoor:
a.                             Gambar presiden dan wakil presiden
b.                             Gambar pancasila
c.                             Poster bergambar binatang
d.                            Poster bergambar alat-alat transportasi
e.                             Poster bergambar bunga
f.                              Poster gambar baju adat indonesia
g.                             Poster gambar 4 sehat 5 sempurna
h.                             Poster bergambar sholat 5 waktu
i.                               Poster gambar angka
j.                               Poster gambar sayur mayur
k.                             Poster gambar huruf hijaiyyah
Dan masih banyak gambar  lain nya yang tidak bisa di sebutkan atau ditulis dalam laporan ini.
2.      Alat Permainan Autdoor:
a.       Ayunan
b.      Prosotan
c.       Jungkat-jungkit
d.      Bola dunia
ANGKET
A.    Identitas Anak
Nama                                              :
Jenis Kelamin                                 :
Kelas /kelompok                             :
Tempat Tanggal Lahir                    :
Suku Bangsa                                   :
Agama                                            :
Tinggal bersama                              : orang tua / wali
Posisi anak dalam keluarga : anak ke...............dari.............bersaudara
Alamat                                            :
B.     Identitas Orang Tua
1.           Ayah
Nama                                      :----------------------------------------------------------
Tempat Tanggal Lahir            :----------------------------------------------------------
Agama                                    : ---------------------------------------------------------
Alamat                                   : ---------------------------------------------------------
Pekerjaan                                : ---------------------------------------------------------
Pendidikan                             : ---------------------------------------------------------
2.           Ibu
Nama                                      : ---------------------------------------------------------
Tempat Tanggal Lahir            : ---------------------------------------------------------
Agama                                    : ---------------------------------------------------------

Alamat                                   :----------------------------------------------------------
Pekerjaan                                : ---------------------------------------------------------
Pendidikan                             : ---------------------------------------------------------
C.     Kondisi Fisik dan Kesehatan
a.       Tinggi Badan                             :----------------------------------------------------------
b.      Berat Badan                              : ---------------------------------------------------------
c.       Penyakit yang pernah di derita  : ---------------------------------------------------------
d.      Kondisi Fisik                             : ---------------------------------------------------------




Kepala TK                                                                     Wali Murid

Eny Setiawati, S.Pd                                                       ----------------------







BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.           Kesimpulan
Dari observasi ini, dapat di simpulkan beberapa hal yaitu:
1.      TK Dharmawanita 1 Putatnganten Karangrayung mempunyai bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak-anak.
2.      Lingkungan kelas di TK Dharmawanita 1 putatnganten karangrayung juga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian dalam belajar mengajar.
3.      Menunjang dalam kegiatan belajar mengajar TK Dharmawanita 1 Putatnganten telah menerima bantuan dana oprasianal penyelenggaraan pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD) tahun anggaran 2015.
4.      Penerapan kurikulum yang masih menggunakan kurikulum tingkat setandar pendidikan (KTSP).
B.            SARAN
Dari analisis observasi, penulis mempunyai saran untuk TK Dharmawanita 1 Putatngaten Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.
1.      Adanya hubungan baik antara guru dan wali murud.
2.      Pengelolaan yang baik perlu untuk di tingkatkan lagi, agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
3.      Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar dalam proses pembelajaran.



BAB IV
PENUTUP

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di TK Dharmawanita 1 Putatnganten Kabupaten grobogan bisa diselesaikan dengan lancar meskipun banyak hal-hal yang kurang baik. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetauhan dan pengalaman bagi penulis yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar. Sebagai penutup dari laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak sekali kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta ma`af dan penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun.
Demikian, semoga laporan observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar