KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat melaksanakan
observasi dan penulisan laporan hasil
observasi tepat pada waktunya. laporan ini merupakan hasil pengamatan penulis langsung di TK Darmawanita di Desa
Putatnganten, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten
Grobogan.
Tersusunnya laporan ini tidak terlepas
dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan
terimakasih kepada yang terhormat:
1. Ibu
Eny Setiawati, S.Pd selaku kepala Tk Darmawanita 1 putatnganten yang telah
memberikan ijin untuk observasi.
2. Ibu
Zubaidah, A.Md selaku guru TK Dharma Wanitayang sudah membantu dalam penyusunan
laporan ini.
3. Semua
pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan lapoan ini penulis
berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis menyadari
bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan lapang hati
penulis mengharap kritik dan saran yang membangun untuk menjadi masukan dan
sebagai tambahan penulis.
Akhir
kata penulis mengucapkan terimakasih atas kritik dan saran yang diberikan
kepada penulis. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang
berkepentingan.
Karangrayung, 2015
Peneliti,
Didik Cahyono
VISI DAN MISI
TK DARMAWANITA 1 PUTATNGANTEN
KARANGRAYUNG
VISI:
Mewujudkan Anak Yang Sehat Jasmani Dan Rohani,
Cerdas, Kreatif, Berbudi Pekerti Luhur Dan Memiliki Sikap Sosial.
MISI:
1.
Meningkatkan
kecerdasan anak melalui sistem pembelajaran aktif dan menyenangkan.
2.
Mewujudkan anak
yang terampil, sehat melalui pembelajaran aktif dan menyenangkan melalui
pembelajaran fisik motorik.
3.
Mewujudkan anak
yang berbudi pekerti luhur, melalui pembiasaan sehari-hari dengan rasa sosial
yang tinggi.
TUJUAN
1.
Mengoptimalkan
potensi yang dimiliki anak didik baik fisik maupun psikis.
2.
Melandasi
perkembangan anak didik dengan moral dan nilai-nilai agama, sosial dan
kemandirian sehingga menjadi manusia yang cerdas, matang, kreatif, beriman dan
berilmu.
3.
Menyiapkan anak
didik untuk memasuki pendidikan dasar dengan memaksimalkan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG OBSERVASI
Taman
kanak-kanak Darma Wanita 1 Putatnganten Karangrayung merupakan lembaga
pendidikan anak usia dini pada jalur
pendidikan formal, yang berdiri sejak tanggal 26 januari 1999 yang mempunyai
tujuan untuk meningkatkan tanggung jawab antar TK, keluarga, masyarakat
terhadap peserta didik dan menciptakan masadepan agar menjadi manusia yang
beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, cakap, trampil, mandiri
dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut. Taman kanak-kanak Darma Wanita 1
Putatnganten merupakan salah satu taman kanak- kanak yang ada di desa
Putatnganten Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan dengan menu pembelajaran
yang mengacu pada kurikulum berbasis kopetensi dengan kegiatan pembelajaran
yang dilakukan dengan bermain sambil belajar.
B. TUJUAN
OBSERVASI
Pengamatan yang penulis lakukan ini
memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
1.
Untuk mengetauhi
keadaan fisik di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
2.
Untuk mengetauhi
operasional kegiatan di Tk Darmawanita 1 Putatnganten.
3.
Untuk mengetauhi
kegiatan pembelajaran di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
4.
Untuk mengetauhi
Permainan yang ada di TK Darmawanita 1 Putatnganten.
5.
Untuk mengetauhi
struktur organisasi di Tk Darmawanita 1 putatnganten.
6. Untuk
mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Darmawanita 1 putatnganten.
7. Untuk
mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Darmawanita 1 putatnganten.
8. Untuk
mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Darmawanita 1 putatnganten.
C.
METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan
informasi yang tepat dalam observasi penulis menggunakan metode-metode sebagai
berikut.
1.
Metode wawancara yaitu mengumpulkan
data yang dilakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden
yang menjadi narasumber.
2.
Metode pengamatan yaitu dengan
mengumpulkan beberapa deta yang dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta
menganalisis apa yang sudah menjadi objek.
D. SISTEMATIKA LAPORAN
Laporan ini disusun dalam beberapa acuan
yang diuraikan dan dijelaskan dalam bentuk-bentuk bab-bab diantaranya yaitu:
BAB
I :
Pendahuluan
Berisi
tentang latar belakang, tujuan observasi, metode penulisan dan sistematika laporan,
serta lembar pengesahan laporan.
BAB II :
Hasil observasi
Berisi
tentang administrasi, kegiatan-kegiatan, hubungan sekolahorangtua dan
masyarakat .
BAB III :
Kesimpulan dan saran
Berisi
kesimpulan hasil dari observasi dan hasil analisisnya serta yang memuat saran
yang diajukan untuk Tk Darmawanita 1 Putatnganten.
BAB IV :
Penutup
Berisi penutup dari penulis setelah
menyusun laporan ini.
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A.
Profil
TK Dharma Wanita 1 Putatnganten
TK Dharmawanita 1 Putatnganten
telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sejak berdiri hingga saat ini dengan
baik. TK Dharma Wanita 1 Putatnganten yang erlokasi di desa putatnganten
kecamatan karangrayung di sekitarnya masih banyak anak-anak yang berusia 4-5
tahun yang membutuhkan tempat untuk melakukan kegiatan belajar dan bermain
bersama-sama sehingga keberadaan TK Dharma Wanita 1 Putatnganten masih sangat
di butuhkan.
Selama proses pembelajaran di sekolah
banyak sarana prasarana dan alat permainan mengalami kerusakan dan kurang
terpelihara dengan baik sehingga dapat mempengaruhi proses kegiatan
belajar.
B.
Keadaan TK Darmawanita 1 Putatnganten
Keadaan TK Darma Wanita 1
Putatnganten sudah cukup baik sebagai tempat belajar. Dengan bangunan gedung
milik sendiri, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan
berkreasi anak-anak. Suasanya kondusif dalam artian baik dan mendukung sebagai
belajar yang tenang dan aman. Tetapi sarana untuk bermain mengalami kerusakan
dikarenakan kurang terpelihara dengan kurang baik.
C.
Penerimaan
Dana dan Penggunaan Dana
Untuk lebih menunjang dalam kegiatan
belajar mengajar TK Dharma Wanita 1 Putatnganten telah menerima bantuan dana
oprasianal penyelenggaraan pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD) tahun anggaran
2015.
Dana bantuan penyelenggaraan pendidikan
anak usia dini yang diperoleh dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan
yang menunjang proses pembelajaran di sekolah salah satunya pemberian makanan
tambahan bagi anak-anak didik agar mereka lebih baik dalam memperoleh makanan
yang mengandung tambahan gizi dan makanan sehat lainnya, selain itu adalah
pengadaan alat-alat belajar anak, buku acuan guru dan buku cerita untuk
menambah referensi kegiatan pembelajaran bagi anak.
D.
Pengelolaan
dan Sasaran
Dana operasional
penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelola oleh tenaga pendidikan di
lembaga tersebut dibantu oleh pengurus serta wali murid TK Dharma Wanita 1
Putatnganten sesuai dengan program PAUD dana tersebut diberikan kepada anak
dari keluarga kurang yang mampu agar pendidikan lebih dapat bermutu sehingga
menambah pengetauhan dan ketrampilan bagi anak-anak serta mengoptimalkan
pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun.
E.
Kondisi
Pembelajaran Setelah Adanya Dukungan Dana BOP
Dengan adanya bantuan operasional
penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang diterima di TK Dharma Wanita 1
Putatnganten tahun 2015 maka anak-anak peserta didik lebih merasakan manfaat
yang baik didalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dalam
kegiatan belajar dan bagi pengelola kegiatan dan diberikannya bantuan tersebut
dapat lebih meringankan beban anggaran untuk melaksanakan berbagai macam dalam
kegiatan sehingga diharapkan agar bantuan tersebut dapat berkelanjutan karena
sangat dibutuhkan dalam membantu kegiatan belajar mengajar di TK Dharma Wanita
1 Putatnganten
Bagi walimurid dengan adanya bantuan
tersebut akan lebih meringankan beban pembiayaan karna kegiatan yang
dilaksanakan dapat dilakukan untuk berbagai macam program baik dari penanggung
jawab kegiatan, pengelola kegiatan maupun untuk anak-anak, sehingga masyarakat
secara umum juga dapat mengetauhi manfaat diberikannya bantuan operasional
penyelenggaraan pendidikan PAUD. (Laporan BOP TK Dharmawanita 1 Putatnganten).
F.
Struktur
Kurikulum TK Dharmawanita 1 Putatnganten
Ruang lingkup kurikulum
TK Dharmawanita 1 Putatnganten berdasarkan peraturan mentri pendidikan Nasional
No.58 Tahun 2009 tentang standar Nasional pendidikan anak usia dini meliputi
aspek perkembangan berikut dan pengembangannya. (data kurikulum taman
kanak-kanak TK dharmawanita 1 putatnganten).
1.
Nilai –nilai
agama dan moral
2.
Fisik
a. Motorik
kasar
b. Motorik
halus
c. Kesehatan
fisik
3.
Kognitif:
a.
Pengetauhan umum
dan sains
b.
Konsep bentuk
warna, ukuran dan pola
c.
Konsep bilangan,
lambang bilangan, dan huruf
4.
Bahasa
a.
Menerima bahasa
b.
Mengungkapkan
bahasa
c.
keaksaraan
5.
Sosial emosional
6.
Mulok:
a.
Bahasa jawa
7.
Pengembangan
diri:
a.
Menari
b.
Melukis
Berdasarkan ketentuan
tersebut diatas, struktur kurikulum TK Dharmawanita 1 Putatnganten kecamatan
karangrayung adalah sebagai berikut:
No
|
Komponen
|
Alokasi
waktu
|
|
Kelas
|
|||
A
|
B
|
||
1
|
Nilai-
nilai agama dan moral
|
3
|
3
|
2
|
Fisik
|
8
|
8
|
3
|
Kognitif
|
8
|
8
|
4
|
Bahasa
|
9
|
9
|
5
|
Sosial
emosional
|
3
|
3
|
6
|
Mulok
|
|
|
|
a.
Bahasa jawa
|
1
|
1
|
7
|
Pengembangan
diri
|
|
|
|
a.
Menari
|
1
|
1
|
|
b.
Melukis
|
1
|
1
|
Jumlah
|
35
|
35
|
G.
OPERASIONAL
KEGIATAN TK
1. Kegiatan
anak
Berdasarkan observasi saya, untuk siswa
TK masuk pada jam 07.00. Anak-anak datang sebelum jam masuk dengan atau tanpa
diantar oleh kluarganya.
Anak mengikuti kegiatan pembelajaran.
Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan
outdoor, sebagian ada yang membeli makanan ringan pada penjual yang ada di
halaman sekolah.
2. Jumlah
guru yang ada di TK Dharmawanita 1 Putatnganten ada 2 orang. Para guru datang
dan anak- anak sudah menunggu di depan pintu. Guru membersihkan dan menata
ruang kelas kemudian baru mulai pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru
meraikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas .
3. Kegiata
orang tua atau pendamping
Sebagian siswa datang tanpa diantar
orangtua mereka, karna umumnya jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak
yang diantar dan di jemput orang tuanya setiap hari. Pada waktu istirahat, para
orang tua siawa ada yang menyuapi anaknya, ada yang mengobroldengan wali
muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol dengan guru pengajar.
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Berdasarkan observasi
yang saya lakukan pada hari sabtu, 5 Desember 2015 dan hari kamis tanggal 10 Desember 2015, kegiatan
pembelajaran di TK Dharma Wanita 2 Putatnganten:
Hari/ Tanggal
|
No
|
Jam
|
Kegiatan
|
Ket
|
|
1
2
3
4
|
07.00-07.30
07.30-08.30
08.30-09.00
09.00-09.30
|
Pembukaan
Kegiatan inti
Istirshat, bermain, makan, dan minum
Penutup
|
Kelompok B
07.00-09.00
|
a)
Kegiatan awal 30
menit yang dilakukan di teras TK pukul 07.00-07.30
1. Baris
2. Berdoa
3. Menyanyi
bersama
b)
Kegiatan inti 60
menit yang dilakukan di ruang kelas
30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
1. Menghafal
rukun islam
2. Menyanyi
lagu anak (balonku ada lima,dan lain sebagainya)
3. Menghafal
4 sehat 5 sempurna
4. Menghafal
nama Nabi dan Rasul
30 menit ke dua (pukul
08.00-08.30)
1. Belajar
menulis
2. Melengkapi
huruf
3. Mewarnai
gambar
4. Belajar
berhitung
c)
Istirahat 30
menit (pukul 08.30-09.30
Anak-anak yang sudah
selesai dalam mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama
30 menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan
dan memakan bekal mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka.
d)
Penutup 30 menit
(pukul 09.00-09.30)
anak-anak masuk kelas
lalu berkemas-kemas untuk kegiatan penutupan, sebelum penutupan anak-anak
diajak bernyanyi bersama-sama sambil bertepuk tangan.
Berdasarkan pengamatan
dari saya, strategi yang digunakan oleh guru TK DharmaWanita 1 Putatnganten
adalah Strategi domontrasi, strategi bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi
penugasan.
Kegiatan lainya adalah pengadaan alat-alat
DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak), kelengkapan obat-obatan serta
kunjungan petugas kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan anak. Bagi pendidik
juga dapat memenuhi kelengkapan buku-buku administrasi di sekolah.
I.
Alat Permainan TK Dharma Wanita 1 Putatnganten
1. Alat Permainan Indoor:
a.
Gambar presiden
dan wakil presiden
b.
Gambar pancasila
c.
Poster bergambar
binatang
d.
Poster bergambar
alat-alat transportasi
e.
Poster bergambar
bunga
f.
Poster gambar
baju adat indonesia
g.
Poster gambar 4
sehat 5 sempurna
h.
Poster bergambar
sholat 5 waktu
i.
Poster gambar
angka
j.
Poster gambar
sayur mayur
k.
Poster gambar
huruf hijaiyyah
Dan masih banyak
gambar lain nya yang tidak bisa di
sebutkan atau ditulis dalam laporan ini.
2. Alat Permainan Autdoor:
a. Ayunan
b. Prosotan
c. Jungkat-jungkit
d. Bola
dunia
ANGKET
A.
Identitas
Anak
Nama :
Jenis Kelamin :
Kelas /kelompok :
Tempat Tanggal Lahir :
Suku Bangsa :
Agama :
Tinggal bersama : orang tua / wali
Posisi anak dalam keluarga : anak
ke...............dari.............bersaudara
Alamat :
B. Identitas Orang Tua
1.
Ayah
Nama
:----------------------------------------------------------
Tempat
Tanggal Lahir :----------------------------------------------------------
Agama
:
---------------------------------------------------------
Alamat
:
---------------------------------------------------------
Pekerjaan
:
---------------------------------------------------------
Pendidikan
:
---------------------------------------------------------
2.
Ibu
Nama
:
---------------------------------------------------------
Tempat
Tanggal Lahir :
---------------------------------------------------------
Agama
:
---------------------------------------------------------
Alamat
:----------------------------------------------------------
Pekerjaan
:
---------------------------------------------------------
Pendidikan
:
---------------------------------------------------------
C. Kondisi
Fisik dan Kesehatan
a. Tinggi
Badan :----------------------------------------------------------
b. Berat
Badan :
---------------------------------------------------------
c. Penyakit
yang pernah di derita :
---------------------------------------------------------
d. Kondisi
Fisik :
---------------------------------------------------------
Kepala
TK Wali
Murid
Eny
Setiawati, S.Pd ----------------------
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dari
observasi ini, dapat di simpulkan beberapa hal yaitu:
1. TK
Dharmawanita 1 Putatnganten Karangrayung mempunyai bangunan yang cukup luas
sebagai arena bermain dan berkreasi anak-anak.
2. Lingkungan
kelas di TK Dharmawanita 1 putatnganten karangrayung juga disiapkan sedemikian
rupa sehingga dapat mendukung pencapaian dalam belajar mengajar.
3. Menunjang
dalam kegiatan belajar mengajar TK Dharmawanita 1 Putatnganten telah menerima
bantuan dana oprasianal penyelenggaraan pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD)
tahun anggaran 2015.
4. Penerapan
kurikulum yang masih menggunakan kurikulum tingkat setandar pendidikan (KTSP).
B.
SARAN
Dari analisis observasi, penulis
mempunyai saran untuk TK Dharmawanita 1 Putatngaten Kecamatan Karangrayung
Kabupaten Grobogan.
1. Adanya
hubungan baik antara guru dan wali murud.
2. Pengelolaan
yang baik perlu untuk di tingkatkan lagi, agar tetap terjaga kualitas dan
kuantitasnya.
3. Lebih
melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa
memperlancar dalam proses pembelajaran.
BAB
IV
PENUTUP
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah,
akhirnya laporan hasil observasi di TK Dharmawanita 1 Putatnganten Kabupaten
grobogan bisa diselesaikan dengan lancar meskipun banyak hal-hal yang kurang
baik. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetauhan dan
pengalaman bagi penulis yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan
diri menjadi seorang pengajar. Sebagai penutup dari laporan ini, penulis
mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam
penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan
laporan observasi ini masih terdapat banyak sekali kesalahan dan kekurangan.
Oleh karena itu, penulis minta ma`af dan penulis mengharapkan kritik serta
saran yang membangun.
Demikian, semoga laporan observasi ini
dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar