JAWABAN
:
1. SOAL A
Fungsi
Left, Mid, dan Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa
karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri, tengah, dan kanan.
Fungi Left
Fungsi Left adalah fungsi yang digunakan untuk
mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri.
Rumus umum fungsi Left adalah sebagai berikut :
=Left(text;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat
dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah berapa jumlah
karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :
Kemudian fungsi Left digunakan untuk mengambil
karakter dari sebelah kiri pada string. Rumus/ formula dasar dari
fungsi left adalah …..
= LEFT(String, X) // = LEFT(alamat
sel, X) atau
= LEFT(String; X) // = LEFT(alamat
sel; X)
Keterangan :
String : kalimat/string, atau sel yang akan diambil
karakternya
X : Jumlah karakter yang diambil.
Misal :
=LEFT(“yogyakarta”,5) – Enter –
hasilnya : yogya
=LEFT(“teknologi”,4) – Enter –
hasilnya : tekn
Bagaimana jika menggunakan tabel di Excel seperti
gambar di bawah ini
Fungsi
Mid
Fungsi MID digunakan untuk
mengambil karakter di tengah string/ alamat sel. Rumus/formula dasar dari
fungsi MID adalah …..
= MID(string,x1,x2) // =MID(Alamat
sel,x1,x2) atau
= MID(string;x1;x2) // =MID(Alamat
sel;x1;x2)
Keterangan
String : kalimat/string, atau sel yang akan diambil
karakternya
x1 : string diambil dimulai dari karakter ke x1
x2 : banyaknya karakter yang diambil dari kiri
Misal :
=MID(“yogyakarta”;5;4) –
Enter – hasil : akar
Ilustrasinya seperti pada gambar berikut
Bagaimana jika digunakan di Excel seperti gambar
berikut :
Mid juga berfgungsi yang digunakan untuk mengambil
beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari tengah.
Rumus umum fungsi Mid adalah sebagai berikut :
=Mid(text;start_num;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat
dimana data yang akan diambil karakternya, star_num adalah karakter diambil
dimulai dari karakter berapa dari kiri, num_char adalah berapa jumlah karakter
yang hendak kita ambil.
contoh:
contoh:
Fungsi
Right
Fungsi
Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data
di Microsoft Excel yang ada disebelah kanan.
Rumus
umum fungsi Right adalah sebagai berikut :
=Right(text;num_char)
Maksud
dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil
karakternya, num_char adalah adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita
ambil.
Contoh :
Contoh :
Fungsi RIGHT
juga dapat digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kanan
pada string. Rumus/ formula dasar dari fungsi RIGHTadalah
…..
= RIGHT (String,
X) // = RIGHT (alamat sel, X) atau
= RIGHT (String;
X) // = RIGHT (alamat sel; X)
Keterangan
:
String
: kalimat/string, atau sel yang akan diambil karakternya
X
: Jumlah karakter yang diambil dari kanan.
Misal
:
= RIGHT (“yogyakarta”,5) –
Enter – hasilnya : karta
= RIGHT (“teknologi”,4) –
Enter – hasilnya : logi
Bagaimana
jika menggunakan tabel di Excel seperti gambar di bawah ini
Contoh
Kasus : Buatlah tabel seperti gambar berikut
2. SOAL B
Fungsi Rumus UPPER.
Rumus UPPER digunakan untuk mengubah (mengkonversi) teks menjadi huruf besar
(uppercase). Penulisan (syntax) rumus UPPER adalah: =UPPER (teks) Contoh
Penggunaan +Rumus Excel UPPER:
Penyelesaian :
1.
Pada Cell B2
masukkan rumus =UPPER(A2) hasilnya BELAJAR dari teks Belajar
2.
Pada Cell B3
masukkan rumus =UPPER(A3) hasilnya RUMUS dari teks RuMuS
3.
Pada Cell B4
masukkan rumus =UPPER(A4) hasilnya EXCEL dari teks eXcel
4.
Pada Cell B5
masukkan rumus =UPPER(A5) hasilnya ITU dari teks Itu
5.
Pada Cell B6
masukkan rumus =UPPER(A6) hasilnya MUDAH dari teks mUdAH
Fungsi Rumus
LOWER. Rumus LOWER digunakan untuk mengubah
(mengkonversi) teks menjadi huruf kecil (lowercase). Penulisan (syntax) rumus
LOWER adalah: =LOWER (teks) Contoh Penggunaan Rumus Excel LOWER:
Penyelesaian
:
1.
Pada Cell B2
masukkan rumus =LOWER(A2) hasilnya belajar dari teks Belajar
2.
Pada Cell B3
masukkan rumus =LOWER(A3) hasilnya rumus dari teks RuMuS
3.
Pada Cell B4
masukkan rumus =LOWER(A4) hasilnya excel dari teks eXcel
4.
Pada Cell B5
masukkan rumus =LOWER(A5) hasilnya itu dari teks Itu
5.
Pada Cell B6
masukkan rumus =LOWER(A6) hasilnya mudah dari teks mUdAH
Fungsi Rumus PROPER.
Rumus PROPER digunakan untuk mengubah teks menjadi berawalan huruf besar.
Penulisan (syntax) rumus PROPER adalah: =PROPER (teks) Contoh Penggunaan Rumus
PROPER:
Penyelesaian
:
1.
Rumus Pada Cell
B2 =PROPER(A2) hasilnya Rumus Excel dari teks rumus excel
2.
Rumus Pada Cell
B3 =PROPER(A3) hasilnya Rumus Excel dari teks RUMUS EXCEL
3.
Rumus Pada Cell
B4 =PROPER(A4) hasilnya Rumus Excel dari teks RuMus eXcel
4.
Rumus Pada Cell
B5 =PROPER(A5) hasilnya Rumus Excel dari teks rUmUs excEL
5.
Rumus Pada Cell
B6 =PROPER(A6) hasilnya Rumus Excel dari teks rumus EXCEL
1. SOAL C
COUNT
RUMUS : =COUNT(RANGE)
Adalah Rumus untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisa juga huruf atau simbol dalam sebuah barisan cell.
RUMUS : =COUNT(RANGE)
Adalah Rumus untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisa juga huruf atau simbol dalam sebuah barisan cell.
Misalnya
anda ingin menghitung berapa jumlah data dari table dibawah ini.
Formulanya:
=COUNT(D3:D6)
lalu ENTER. Anda akan mendapatkan jumlah dari datanya adalah 4
lalu ENTER. Anda akan mendapatkan jumlah dari datanya adalah 4
COUNTIF
Fungsi
COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang
yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya. Penulisan
Syntax fungsi COUNTIF: =COUNTIF(range; criteria) Penjelasan: range : merupakan
range atau rentang data yang akan digunakan sebagai rentang pertama untuk
mengevaluasi kriteria yang terkait. criteria: merupakan kriteria dalam bentuk
angka, ekspresi, referensi sel, atau teks. Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIF di
Excel:
Pada
contoh gambar di atas, kita akan menghitung berapa banyak siswa yang Lulus
untuk itu penulisan rumusnya adalah =COUNTIF(E3:E7;"Lulus") hasilnya
adalah 3, karena hanya ada 3 siswa yang lulus. Penulisan data pada kriteria
COUNTIF sifatnya tidak case sensitive atau bisa menggunakan huruf kecil maupun
huruf besar (kapital), misal kata Lulus bisa juga di tulis lulus, LULUS, LuLus
dan sebagainya.
COUNTIFS
Fungsi
COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang
yang memenuhi beberapa kriteria. Penulisan Syntax Fungsi COUNTIFS:
=COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2]; [criteria2] ...)
Penjelasan: criteria_range1 : merupakan range atau rentang data yang akan
digunakan sebagai range pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.
criteria1 : merupakan kriteria pertama, bisa berupa angka, ekspresi, referensi
sel atau teks. criteria_range2 dan criteria2 : merupakan range dan kriteria
tambahan yang sifatnya opsional. Range atau kriteria tambahan maksimal sampai
127 range atau kriteria. Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIFS di Excel:
Pada
contoh gambar di atas, kita akan menghitung jumlah siswa laki-laki yang lulus,
maka penulisan rumusnya adalah =COUNTIFS(D3:D7;"L";E3:E7;"Lulus")
hasilnya 1 karena hanya ada satu siswa laki-laki yang lulus. Untuk menghitung
jumlah siswa perempuan yang lulus bisa menggunakan rumus
=COUNTIFS(D3:D7;"P";E3:E7;"Lulus") hasilnya 2 karena ada 2
siswa perempuan yang lulus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar